10-a-Day the Easy Way: Fuss-free Recipes & Simple Science to Transform your Health

10-a-Day the Easy Way: Fuss-free Recipes & Simple Science to Transform your Health

Seni Sekolah Menengah Pertama Jelaskan perbedaan antara lagu bertangga nada mayor dan minor

Jelaskan perbedaan antara lagu bertangga nada mayor dan minor

Jawaban Singkat:

Tangga nada mayor memiliki interval seperti 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½, tangga nada minor memiliki interval nada sebagai berikut 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1. (biasanya nada mayor lebih ceria, dan nada minor lebih memiliki nada yang melankolis.)

Apa itu Tangga Nada?

Tangga nada secara mendasar dapat diartikan sebagai sebuah urutan nada-nada yang digunakan dalam menggarap atau melengkapi komposisi musik. Nama tangga nada sendiri digunakan karena nada tersebut memiliki urutan nada rendah hingga nada tinggi. Seperti sebuah tangga dengan anak tangga rendah ke tinggi. Do, re, mi, fa, sol, la, si, do, merupakan urutan tangga nada yang dasar dan dapat dipahami dengan mudah. Tangga nada tersebut cukup populer dan diperkenalkan pertama kali kepada anak-anak dalam memahami pengetahuan tentang musik.

Tangga nada mayor dan minor merupakan variasi lain dari tangga nada dasar tersebut. Namun, selain do, re, mi, fa, sol, la, si, do, tangga nada juga dikenal dengan urutan lainnya, yaitu C, D, E, F, G, A, B, dan C. Tangga nada yang diasosiasikan ke dalam huruf tersebut lebih dikenal dengan istilah chord atau kunci. Namun, secara teknis kunci yang dimainkan secara berurutan tersebut akan mengikuti urutan tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Secara teori, tangga nada merupakan rangkaian notasi yang digunakan pada musik dan diurutkan berdasarkan frekuensi dasar atau pitch.

[answer.2.content]